APA DAN BAGAIMANA PROBLEM SOLVING ?


Problem solving merupakan kemampuan untuk menemukan penyebab suatu hambatan/masalah untuk mencapai tujuan dan menemukan solusi untuk menyelesaikan (jalan keluar) hambatan/masalah tersebut.

Dengan kemampuan problem solving, kita dapat mengetahui apa yang menyebabkan pekerjaan atau aktivitas kita tidak sesuai dengan harapan dan solusi apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya, sehingga kinerja kita menjadi lebih baik

Dalam menemukan hambatan dan solusinya, kita harus dapat mendefinisikan masalah, menentukan penyebabnya, menyusun alternatif-alternatif solusi, dan mengimplementasikannya sesuai kebutuhan.

Yang harus dilakukan pada problem solving adalah sebagai berikut:

1. Analisa masalah

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari apa penyebab dari masalah yang ada. Pada tahapan ini, dibutuhkan kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisa data atau kejadian-kejadian yang terjadi.

2. Menentukan alternatif-alternatif solusi

Langkah berikutnya adalah mencari solusi atau jalan keluar dari masalah tersebut. Setiap masalah mempunyai solusi yang berbeda-beda. Untuk itu, kita harus mendefinisikan berbagai kemungkinan solusi yang dapat kita pakai untuk menyelesaikan masalah.

Pada tahap ini, diperlukan ketrampilan berpikir kreatif, perencanaan, serta desain yang baik, yang dapat diimplementasikan untuk penyelesaian masalah.

3. Pilih Solusi Terbaik

Bila sudah ada alternatif-alternatif solusi, maka kita harus memilih solusi terbaik diantara alternatif-alternatif solusi tersebut. Perlu diingat bahwa setiap pilihan memiliki dampak yang berbeda-beda, dan tentunya ada pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan untuk memutuskan pilihan solusi.

Pada tahap ini, diperlukan kemampuan analisis dan menentukan skala prioritas. Jika penyelesaian masalah ini berkaitan dengan banyak orang atau suatu organisasi, diperlukan juga kemampuan diskusi dan kerjasama tim.

4. Implementasikan solusi

Bila sudah diputuskan pilihan solusi, maka inilah saatnya untuk mengeksekusi atau mengimplementasikan pada masalah.

Apabila berkaitan dengan banyak orang, perlu koordinasi untuk penyamaan persepsi, manajemen waktu dan manajemen proyek.

5. Evaluasi

Langkah selanjutnya, yaitu melakukan evaluasi dari solusi yang telah diimplementasikan. Dengan melakukan evaluasi, kita dapat menilai seberapa efektifnya solusi tersebut. Sehingga kita bisa merencanakan strategi problem solving selanjutnya untuk permasalahan yang serupa.

Salah satu kemampuan (skill) yang diperlukan untuk problem solving adalah Menguasai teknologi, desain, atau pemrograman.

Saat ini kita tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, sehingga mahasiswa maupun pencari kerja sekarang dituntut untuk dapat menguasai berbagai bidang teknologi. Selain menguasai teknologi kita juga harus pemikiran inovatif dan kreatif. Tidak heran kalau dunia kerja sangat membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan di bidang teknologi seperti pemrograman, UI/UX design, data science, Artificial intelligence, dan cloud computing.

Sudahkah anda dilengkapi dengan kemampuan di bidang teknologi?