Semester 1

Mahasiswa akan belajar tentang teknologi internet, sejarah internet dan world wide web, aplikasi internet, kategorisasi website, protokol internet, web browser populer. Pada aplikasi internet, mahasiswa akan mempelajari berbagai aplikasi internet yang ada dan bagaimana cara kerjanya. Berbagai aplikasi internet yang ada, yaitu web, email, FTP, dan chatting. Pada kategorisasi website, mahasiswa akan belajar kategorisasi website yang ada dan bagaimana cara kerjanya. Kategori website yang ada, yaitu toko online, portal, mesin pencari, berita, forum, blog, dan jaringan sosial. Mahasiswa juga akan belajar tentang dasar pengembangan website, seperti pembuatan halaman web dan konsep desain web, dengan menggunakan HTML, HTML5, CSS, media queries, twitter bootstrap, dan Aptana (alat pengembangan website).

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Introduction to Programming adalah sebuah mata kuliah dasar yang didesain untuk memperkenalkan teknik-teknik pemrograman. Pembahasan pemrograman dasar ini akan di jelaskan dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ yang unversal digunakan oleh berbagai kalangan di dunia. Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester pertama yang bersinergi dengan mata kuliah Algoritma dan pemrograman, yang menjadi prasyarat teknik pemrograman lanjut di semester berikutnya. Materi yang diberikan mencakup pengenalan IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan. Syntax untuk mengimplementasikan 3 konstruksi fundamental pada C++, penjabaran dan penjelasan tipe data, cara memanfaatkan modularity program dengan memanfaatkan procedure dan function. Secara keseluruhan materi ini lebih banyak tentang bagaimana mengimplentasikan algortima yang diketahui dalam bentuk flowchart ataupun bentuk diagram alur yang seperti pseudocode menjadi bahasa program C++ yang dapat menjadi program. Materi akhir dari mata kuliah ini sampai pada penggunaan dan pengertian dasar class beserta pointer.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Ya

Topik utama dalam matematika 1 adalah pengenalan sistem bilangan, sistem bilangan bulat, sistem bilangan rasional, sistem bilangan riil, pertidaksamaan, pertidaksamaan dalam harga mutlak, pengertian fungsi, daerah asal, daerah hasil, fungsi genap, fungsi gasal, operasi pada fungsi, komposisi fungsi, pengertian limit, limit kiri, limit kanan, fungsi kontinu, limit fungsi trigonometri, pengertian turunan, hubungan keterdeferensialan dan kontinuitas, turunan fungsi aljabar, turunan fungsi trigonometri, turunan fungsi komposisi, turunan fungsi implisit, turunan tingkat tinggi, aplikasi turunan, menggambar grafik fungsi, nilai maksimum, nilai minimum, titik kritis, integral tak tentu, sifat-sifat linear integral tak tentu, teknik pengintegralan, metode substitusi,, integral parsiil, integral parsiil berulang, integral fungsi rasional, faktor linear berlainan, faktor linear berulang, faktor kuadrat, faktor kuadrat berulang. Menghitung luas daerah dan volume benda putar.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Pengantar Teknologi Informasi adalah mata kuliah awal untuk mahasiswa Teknik Informatika semester awal. Mahasiswa akan diperkenalkan pada dunia Teknologi Informasi yang masih terus berkembang. Pada awal kuliah, penguasaan umum tentang komputer seperti pengetahuan tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna komputer, akan diperkenalkan. Topik yang dibahas termasuk perangkat keras (masukan, luaran, dan penyimpanan), perangkat lunak (perangkat lunak aplikasi dan sistem), jaringan komputer dan keamanan jaringan komputer, pemrograman dan bahasa pemrograman, basis data, multimedia, pengembangan perangkat lunak, dan etika komputer. Mahasiswa juga akan dipersiapkan untuk memahami jenjang karir yang berbeda dalam dunia teknologi informasi, mempersiapkan mahasiswa dalam memilih mata kuliah di semester berikutnya, dan memberikan mereka dasar dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membeli, mengembangkan, dan menggunakan teknologi informasi.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Semester 2

Mata kuliah ini mengajarkan materi-materi seputar logika yang meliputi toopik-topik seperti sorting sederhana dan algoritma searching, seperti selection sort, insertion sort, bubble sort, dan berbagai algoritma searching seperti iterative searching (meliputi linear search, binary, interpolation dan juga fibonacci search). Pada mata kuliah ini, juga akan dikenalkan mengenai recursive baik direct ataupun indirect, membuat dan mengimplementasikan algoritma backtracking dengan menggunakan contoh permasalahan knight tour dan eight queen problem. Mata kuliah ini juga membahas mengenai divide and conquer algoritma untuk memecahkan permasalahan dan juga membuat dan mengimplementasikan algoritma tersebut untuk memecahkan permasalahan menggunakan dynamic programming. juga mempelajari bagaimana mendesain sebuah solusi untuk memecahkan permasalahan terkait dengan domain Constraint Satisfication Problem. Juga menggunakan algorithm complexity analysis untuk menganalisa compleksitas dari sebuah algoritma.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini akan mengajarkan mengenai konsep dasar dalam mendesain sebuah basis data dan mengimplementasikannya pada sistem basis data yang sesungguhnya. Mata kuliah ini menyajikan materi tentang pemodelan sebuah basis data, deskripsi basis data dan fasilitas perintah dalam basis data, seperti relation algebra dan penggunaan Structured Query Language (SQL), normalisasi basis data, transaksi basis data, organisasi dan operasi indexing dalam sebuah basis data, hal-hal yang berkaitan dengan keamanan sebuah basis data dan basis data beriorientasi objek. Mata kuliah ini juga menyajikan materi mengenai teknologi terbaru dalam hal basis data. Seluruh materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini akan digunakan untuk melakukan desain dan implementasi basis data secara nyata sebagai proyek mata kuliah ini.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Ya

Memberikan pengetahuan tentang jaringan komputer yang bersifat dasar. Meliputi OSI dan TCP/IP network Arsitektur. Penjelasan tentang sistem layer dan protokol komunikasi dalam jaringan. Penjelasan juga meliputi peralatan dan cara kerja peralatan seperti Hub, Repeater, Switch, Router. Penjelasan juga diberikan untuk Aplikasi yang dipakai pada Jaringan komputer. Protocol TCP/UDP dan protocol IP merupakan inti pembahasan pada protocol komunikasi. Sistem Ethernet juga akan dijelaskan sebagai sistem yang banyak dipakai pada jaringan komputer lokal. Diberikan juga praktikum berupa desain jaringan komputer dengan menggunakan software simulator untuk mendesain jaringan skala kecil dan skala menengah. Pada bagian akhir akan diberikan penjelasan tentang Wireless LAN dan penjelasan tentang WAN.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Matakuliah ini akan membahas tentang Matriks : Definisi, dimensi, operasi pada matriks, perkalian matriks, Invers Matriks order-2 dan 3, matriks yang dapat dibalik dan transpose matriks. Juga akan membahas tentang Persamaan Linear : penyelesaian persamaan linear, reduksi baris, eliminasi Gauss, eliminasi Gauss-Jordan serta membahas pula tentang Determinan. Dan dalam matakuliah ini, mahasiswa juga belajar dasar-dasar vektor ruang pada dua dimensi dan tiga dimensi (geometri pendekatan dan aljabar). Matakuliah ini juga menjelaskan tentang fungsi turunan dari dua variabel dan tiga variabel jamak. Konsep dasar persamaan diferensial : Persamaan bentuk diferensial variabel yang terpisah, bentuk homogen, bentuk khusus dan bentuk homogen tidak homogen, deret Fourier.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini akan membahas konsep pemrograman berorientasi objek dan implementasinya dengan bahasa pemrograman Java. Mahasiswa diperkenalkan pola pikir perancangan program yang berbasis objek. Selain itu mahasiswa juga diperkenalkan konsep dan design class yang baik yang mencakup properties dan method, serta konsep enkapsulasi. Kemudian dijelaskan mengenai access modifier: private, protected, public, dan package/default. Penjelasan dilanjutkan dengan konsep constructor, abstraksi, penurunan, polymorphism, interface, wrapper class, nested dan inner class, anonymous inner class serta package. Dijelaskan pula keyword static dan final. Penjelasan dilengkapi dengan aplikasi OOP untuk pengembangan aplikasi berbasis GUI dan penanganan event handling. Selain itu dijelaskan mengenai penggunaan IO Stream untuk penanganan input dan output. Dilanjutkan dengan penjelasan konsep multithreading, graphics, animasi, dan penanganan exception.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Ya

Mata kuliah ini akan mengajarkan dalam c# bagaimana cara menggunakan struktur data dasar seperti Queue, Stack, Linked List, Priority Queue, dll sembari mengembangkan Data Tipe Abstrak yang belum diimplementasikan. Mata kuliah ini juga mendiskusikan struktur data yang tepat untuk pemecahan masalah. Oleh karena itu, algoritma akan menjadi salah satu fokus utama dalam pengajaran. Siswa akan dilatih untuk mempelajari permasalahan, dan kemudian mencoba untuk mengimplementasikan struktur data yang cocok yang dapat menyelesaikan masalah dengan efisien. Banyak jenis struktur data lanjut yang dapat digunakan untuk menyelesaikan lebih banyak masalah yang akan diberikan, seperti Double Linked List, Binary Search Tree, Heap Tree, dan banyak lainnya.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Semester 3

Mata kuliah ini melakukan pendekatan terstruktur dalam pengembangan sistem komputer, dimulai dari studi kelayakan, perencanaan sistem, analisa, desain, testing,implementasi dan pemeliharaan software. Pendekatan secara modern dalam analisa dan desain sistem akan menggabungkan proses dan data dalam sistem. Mata kuliah ini menekankan pada strategi dan teknik untuk melakukan analisa dan desain sistem seiring dengan kompleksitas pengembangan sistem informasi. Menjelaskan tentang life cycle dalam pengembangan sistem informasi. Mengenal proses dalam software engineering, termasuk methodologies, techniques, dan tools. Mata kuliah ini melakukan pendekatan dalam pengembangan sistem informasi dari perspektif problem-solving. Dalam studi kasus, pengembangan sistem informasi akan dilakukan sampai dengan tahapan desain sistem.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Software yang digunakan pada mata kuliah ini adalah Visual Studio 2013. Mata kuliah ini meliputi pengenalan pada bahasa pemrograman C#.Net, termasuk di dalamnya konsep dasar, tipe data, dan stuktur fundamental. Mahasiswa juga akan diajarakan tentang pengembangan aplikasi Windows standar, penggunaan kontrol lebih lanjut, serta penggunaan Multiple Document Interface (MDI). Mata kuliah ini juga akan mencakup topik-topik lanjutan seperti pemrograman Graphical Device Interface (GDI) dengan menggunakan C#.Net yang mencakup penggunaan Graphics dan efek animasi. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara memanipulasi file teks dan XML dengan C#.Net. Topik terakhir adalah penggunaan teknik Threading, yang berguna untuk menciptakan aplikasi yang dapat menjalankan beberapa thread sekaligus.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Ya

Merencanakan dan membuat persamaan logika dan tabel kebenaran dari aplikasi logika, Reduksi persamaan logika, Rangkaian logika dasar dalam aplikasi dan rangkaian aritmatika Sistem bilangan, konversinya dan system bilangan bertanda, Teorema Aljabar Boolean, Penulisan persamaan Logika dan pembuatan table kebenarannya, Reduksi persamaan Logika dengan teorema Aljabar Boolean. Reduksi dengan K-Map dan Quine Mc Cluskey, Menggambar Rangkaian Logika dari Tebel Kebenaran atau dari Persamaan Logika, Pengaplikasian Rangkaian Logika, Aplikasi rangkaian logika dalam rangkaian saklar dan reduksinya, Perencanaan dan pembuatan rangkaian aritmatika Biner, BCD dan Exess 3. Menggunakan flip flop, mulai dari pengenalan jenis-jenis dan sifat setiap jenis flip flop, rangkaian pembentuk, penggunaan, hingga mempelajari cara memanfaatkan flip flop sebagai sebuah komponen yang dapat diaplikasikan sebagai sebuah alat yang dapat mempermudah pekerjaan.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Ya

Menjelaskan tentang konsep dasar Statistika Deskriptif, Pengertian Statistik, Pembagian Jenis Statistik, Metodologi Statistik, Pembagian Jenis-jenis Data Statistik, Pengumpulan, Pengolahan, dan Analisa Statistik; Menjelaskan cara menghitung hasil survey berdasarkan Real Count, Official Count, Quick Count dalam studi kasus Pilpres; Menggambarkan distribusi frekuensi, tabel frekuensi, macam-macam grafik frekuensi; Menghitung ukuran statistik, Ukuran pemusatan: mean, median, mudus, kuartil, desil, presentil, Ukuran penyimpangan: jangkauan, standar deviasi, variansi; Merumuskan pola perhitungan Permutasi & Kombinasi, Permutasi melingkar, permutasi jika ada unsur yang sama, Kombinasi dengan Perulangan, Kaidah mn, Aturan Hipergeometrik; Menafsirkan Teori Probabilitas dan Teorema Bayes; Menyusun Variabel Random, Peluang Distribusi Diskrit, Kontinyu, Gabungan dan Nilai Harapan Matematis; Mempelajari Distribusi Diskrit: Distribusi Bernoulli, Distribusi Binomial, Distribusi Poisson, Distribusi Hipergeometrik; Mempelajari Distribusi Kontinu: Distribusi Normal, Hampiran Normal; Uji Kebaikan Suai (Tabel Contingency); Analisa Regresi dan Korelasi: Pemilihan model regresi, Interval Konfidensi dan uji keberartian, Analisis korelasi; Analisa Clustering: Teknik Hirarki, Teknik Non Hirarki; Bayesian Classification and Normalisasi.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini akan membahas struktur data tingkat lanjut yang banyak digunakan dalam sistem besar. Sistem besar yang dimaksud tidak hanya dalam bidang Enterprise Resource Planning, melainkan juga sistem kecerdasan buatan. Struktur data yang akan dicakup adalah struktur data yang banyak melibatkan struktur data tree yaitu Threaded Binary Search Tree, Balanced Binary Search Tree, Red-Black Tree, Multiway Tree dan variannya, Trie, dan Heap. Algoritma yang masuk dalam golongan State Space Search pun (informed search dan uniformed search) akan dibahas pada mata kuliah ini. Selain dibekali dengan algoritma tiap struktur data yang ada, mahasiswa juga akan dituntun untuk mampu mengimplementasikan seluruh struktur data tersebut dengan menggunakan C#.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Pada matakuliah ini akan dibahas mengenai Teori Graf yang meliputi : pendahuluan, macam-macam bentuk graf dan aplikasinya. Juga akan dibahas tentang : jalan/path dan Circuit, graf yang Isomorpik, Sub Graf, graf Euler, graf Hamilton, jarak terpendek /algoritma Diksjtra, planar graf, dan graf berarah. Matakuliah ini juga membahas mengenai Pohon/Tree, istilah akar/root, Binary Tree, Spanning Tree dengan algoritma Prim dan Algoritma Kruskal. Juga membahas Cut-Set : mengenal jaringan/network , dasar-dasar Cut-Set, aplikasi dari Cut-Set. Juga akan dibahas mengenai Finite-State Machines with Output, Finite-State Machines with no Output dan Finite state Automata, bahasa mesin pada Automata, bahasa mesin yang dapat dikenali oleh mesin Automata.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Semester 4

Pada mata kuliah ini dibahas pembuatan model perangkat lunak yang berorientasi objek dengan standar UML (Unified Modeling Language). Mata kuliah ini memperlihatkan langkah-langkah pembuatan model berbasis RUP (Rational Unified Process), dan melibatkan sejumlah diagram UML penting, yaitu Use-Case Diagram, Sequence Diagram, Collaboration Diagram, dan Class Diagram. Workflow yang dibahas di sini hanya dua workflow, yaitu Requirements workflow dan Analysis and Design workflow. Analysis and Design workflow yang dibahas adalah Use-Case Analysis, Class Design dan Use-Case Design. Pembahasan berdasarkan contoh kasus dan ada sebuah proyek mandiri. Proyek mandiri meminta kelompok mahasiswa untuk membuat sebuah model perangkat lunak untuk sebuah sistem bisnis.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Pada mata kuliah ini dibahas mengenai konsep, algoritma dan implementasi dalam Grafika Komputer. yaitu disiplin ilmu yang akan membentuk visualisasi (umumnya berupa citra 2D di layar) dari suatu model. Pembahasan meliputi dasar-dasar Grafika Komputer semacam menggambar garis dan segitiga, pemodelan benda (benda berbentuk bebas maupun yang procedural), hidden surface removal, perhitungan pencahayaan (berdasar metode flat shading, Gouraud dan Phong) dan pemberian tekstur. Pembahasan dilanjutkan dengan materi yang lebih lanjut meliputi photorealistic rendering menggunakan raytracing dan custom shaders. Teknik-teknik tersebut diimplementasikan dalam sebuah visualisasi simulasi fisika. Simulasi fisika yang digunakan meliputi simulasi gerakan partikel dan benda solid dan tumbukan antara benda mengikuti Hukum-hukum Newton.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini mengajarkan pengenalan dan ikhtisar dalam bidang interaksi manusia komputer. IMK adalah gabungan dari beberapa bidang yang mengintegrasikan teori dan metodologi dari bidang ilmu komputer, psikologi kognitif, desain, dan bidang lainnya. Bahan bacaan akan mengembangkan teori dan praktek dalam spesifikasi, desain dan evaluasi interface, serta makalah dalam ilmu IMK. Mahasiswa akan belajar dari konsep desain, evaluasi, dan menghitung tingkat kegunaan, serta user experience. User experience merupakan teori penting selain user interface, yang akan melihat kecocokan interface dengan keinginan user. Mahasiswa juga akan bekerja sendiridan secara kelompok dalam desain, implementasi, dan evaluasi interface. Mahasiswa juga akan menghitung kegunaan proyek dengan menggunakan konsep user experience.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini akan menjelaskan tentang beberapa konsep dan belajar Oracle Database Management System lingkungan. Siswa akan belajar 5 berbeda Bahasa Oracle dan Bahasa Prosedural di Oracle. Selain itu siswa akan belajar bagaimana mengembangkan dan menerapkan aplikasi client server menggunakan Framework dan Oracle koneksi ADO.NET, juga membuat laporan menggunakan Crystal Report aplikasi. Isu penting adalah bagaimana memilih, memberikan dan mengelola hak istimewa antara pengguna untuk menggunakan dan mengendalikan Oracle DBMS. Oracle Jaringan diajarkan untuk menghubungkan antara server dan client. Mata kuliah ini juga diajarkan tentang memecahkan beberapa studi kasus dalam mengembangkan aplikasi client server dalam sistem nyata, seperti supermarket .

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Ya

Mahasiswa akan belajar untuk membuat halaman web dengan menggunakan HTML, khususnya bahasa XHTML. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep desain yang terdapat pada cascading style sheets, khususnya CSS3, yaitu untuk membuat sebuah layouting menarik namun ringan dan mudah digunakan. Kemudian, mahasiswa akan menjelajah ke web scripting dengan Java Script (dan JQuery), yaitu bahasa scripting utama Internet untuk sisi klien. Mahasiswa juga akan mempelajari PHP, salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia untuk pengembangan web. PHP adalah bahasa pemrograman yang fleksibel dan mudah. Dengan meningkatnya pemahaman mahasiswa dengan PHP, mahasiswa akan diperkenalkan dengan mySQL, sistem manajemen database yang open source dan handal yang cepat memperoleh pengguna di seluruh dunia.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Ya

Semester 5

Tujuan dari pengajaran mata kuliah ini adalah untuk mengetahui secara mendalam bagaimana sebuah website e-commerce profesional bekerja. Materi yang diajarkan pada mata kuliah ini adalah konsep e-commerce, desain dari sebuah website e-commerce dan menciptakan user experience yang baik pada sebuah website e-commerce. Mata kuliah ini juga akan mengajarkan beberapa aspek dari sebuah website e-commerce, seperti bagaimana membuat shopping cart, sistem checkout dan pembayaran secara online, manajemen profil oleh user, dan sistem administrasi dari website e-commerce. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang aspek-aspek lainnya pada website e-commerce, seperti perhitungan biaya, promosi, pemeliharaan website, manajemen keamanan website e-commerce, dan melakukan marketing terhadap sebuah website e-commerce.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Ya

Artificial Intelligence adalah mata kuliah untuk mengenalkan prinsip dasar dan tingkat lanjut Artificial Intelligence. Materi riset paling popular dan terbaru akan diperkenalkan pada awal pelajaran. Selanjutnya akan diperkenalkan skema representasi sederhana, paradigma problem solving, constraint propagation, search strategies, dan expert system. Implementasi untuk game dan problem solving akan diperkenalkan beserta dengan berbagai contohnya. Aplikasi nyata dari Artificial Intelligence seperti knowledge representation, natural language processing, expert systems, vision dan robotika akan digali lebih dalam di dalam kelas. Pada akhir kelas, mahasiswa wajib mempresentasikan proyek dalam kelompok untuk mengimplementasi konsep artifical intelligence, seperti artificial intelligence untuk sudoku atau artificial intelligence untuk catur.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini membahas konsep, strategi design, tool, dan API untuk design, pembuatan, dan testing aplikasi untuk perangkat mobile pada Operating System Android. Topik yang dibahas meliputi: teknik pemrograman untuk pengembangan aplikasi dengan View, Activity, Fragment, Intent, Content Provider, Service, dan Android Manifest. Penjelasan juga mencakup pengembangan aplikasi multi-pengguna pada mobile device, pengembangan aplikasi untuk mobile device dengan berbagai resolusi dan ukuran, siklus hidup aplikasi Android, penyimpanan data pada mobile device Android (file, database Sqlite, SD Card, Shared Preferences, Content Provider), service berbasis lokasi serta pemanfaatan GPS, multithreading, asynchronous task, pemanggilan web service dan perangkat mobile, graphics, multimedia, animasi, dan Google API.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Ya

Organisasi komputer adalah program dasar untuk memperkenalkan bahasa mesin, yang lebih sering diwakili oleh bahasa assembly serta arsitektur dan organisasi dari sebuah komputer. Fokus dari bahan ajaran ini adalah Pengantar Mesin Bahasa(Machine Language). Sebagai contoh: sistem nomor. karakteristik dasar dari CPU, register, struktur program bahasa assembly, instruksi dan menangani variasi modus, assembler makro (MASM), BIOS dan BDOS fungsi, program terstruktur dari bahasa assembly, prosedur dan penciptaan perpustakaan, operasi string, dan sebagainya. Program ini disajikan dengan cara teoritis dan praktis. Di tengah sampai akhir kursus, siswa harus mencoba untuk menerapkan konsep dasar dan berbagai teknik dasar bahasa mesin ke dalam program.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami bagaimana mengembangkan sistem perangkat lunak mulai dari tahap awal serta memberi pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar Pengembangan Sistem. Pada awal perkuliahan, mahasiswa wajib mempelajari karakteristik dari berbagai metodologi pengembangan perangkat lunak yang populer, dilanjutkan dengan mempelajari pentingnya Manajemen Proyek Perangkat Lunak dalam sebuah proyek pengembangan software. Aktivitas belajar Manajemen Proyek Perangkat Lunak meliputi Perencanaan Proyek, Pengukuran Perangkat Lunak, Manajemen Resiko, dan Penjadwalan Proyek Perangkat Lunak. Selain itu mahasiswa juga harus mempelajari tahapan dalam Software Development Activities, mulai dari Analisa Sistem, Pemodelan Sistem yang berkaitan dengan DFD dan ERD, Aktivitas Desain Perangkat Lunak (desain arsitektur, desain basis data, desain antarmuka, dan desain prosedural), Teknik Pengujian Perangkat Lunak, metode white box dan black box), serta Strategi Pengujian Perangkat Lunak.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mahasiswa akan di minta untuk membentuk kelompok yang terdiri dari tiga sampai empat mahasiswa dalam rangka mengembangkan perangkat lunak untuk sistem bisnis populer dan mengimplementasikan pengetahuan yang telah mereka pelajari selama kuliah. Mahasiswa akan diminta untuk menganalisa masalah dari sistem bisnis yang mereka pelajari dan kemudian merancang arsitektur, basis data, antar muka perangkat lunak, dan lain-lain yang dibutuhkan dalam sistem bisnis yang sedang dikembangkan. Mahasiswa juga bisa memilih sistem yang sudah ada dan kemudian mengembangkan sistem tersebut dengan bantuan komputer yang akan diimplementasikan dalam dunia nyata. Mahasiswa diminta untuk memberikan laporan kemajuan proyek secara berkala sampai proyek selesai. Output yang diharapkan berupa dokumentasi sistem (dokumen rencana proyek perangkat lunak, spesifikasi perangkat lunak, dan spesifikasi rancangan perangkat lunak) dan perangkat lunak yang siap untuk dipakai.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Semester 6

Materi Sistem Embeded memperkenalkan dasar perancangan, antarmuka, konfigurasi dan pemrograman Sistem Embeded. Materi kuliah ini memerlukan kekuatan logika dan kelahlian pemrograman, terutama bahasa pemrograman yang dekat dengan mesin. Materi kuliah ini mempergunakan platform Arduino yang tidak mahal, yang merupakan Sistem Embeded yang populer dikalangan penghobi, peneliti, dan di industri. Setelah mengikuti materi kuliah ini mahasiswa akan menguasai dasar perancangan dan pemrograman Sistem Embeded. Tugas proyek dalam kelompok akan diberikan kepada mahasiswa yang akan menunjukkan penguasaan mahasiswa dalam implementasi teknik dan kemampuan yang diperoleh di kelas. Matakuliah ini akan membantu mahasiswa mempersiapkan keahliannya dalam karir di Industri dan penelitian.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Ya

Kapita Selekta adalah Mata Kuliah Wajib yang diambil oleh mahasiswa Teknik Informatika pada semester 6. Dalam Mata Kuliah Kapita Selekta, dibahas topik-topik tertentu terkini dalam bidang Informatika yang dapat dijadikan referensi pengerjaan Tugas Akhir, seperti Internet of Things, Ubiquitous Computing, Social Media Analysis, Ethical Hacking, Internet Marketing, DNS Poisoning, Big Data, dan beberapa topik terbaru lainnya. Topik-topik yang dibahas dalam Kapita Selekta akan terus disesuaikan tiap tahun sesuai dengan perkembangan terkini dalam bidang tersebut. Secara umum, topik-topik tersebut bisa dikelompokkan menjadi 3 topik utama sesuai major yang ditawarkan di program studi Teknik Informatika, yaitu Software Engineering, Internet Technology, dan Computer Science.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini berisi pembahasan tentang konsep-konsep Service Oriented Architecture dan teknologi-teknologi yang mendasarinya. Pembahasan diawali dengan konsep dan arsitektur dasar dari Service Oriented Architecture. Pembahasan dilanjutkan tiga konsep dasar web service yaitu: definisi dan teknologi XML, SOAP, dan WSDL beserta penggunaannya dalam mendesain dan membuat aplikasi Web Service. Selain Service SOAP, SOA juga diimplementasikan dengan teknik REST yang akan dibahas secara detail beserta teknik pemrogramannya. Selanjutnya dibahas teknik-teknik pemrograman untuk pemanfaatan maupun pembuatan web service. Mahasiswa mampu membuat aplikasi Web Service yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik, dapat melakukan pemanggilan service lain, serta pembuatan web mashup. Pembahasan dilanjutkan dengan konsep Cloud Computing dan pemrograman web di Cloud pada platform Google App Engine.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Ya

Mata Kuliah ini mengajarkan tentang teknik-teknik soft computing dan machine learning, termasuk juga implemetasinya dalam pengenalan pola. Topik yang diajarkan meliputi: (i) Supervised learning (Linear Regression, Logistic Regression, dan Neural Network). (ii) Unsupervised Learning (Clustering, dan Dimentionality Reduction). (iii) Praktik dalam machine learning (teori bias / varians; inovasi dalam machine learning dan AI). (iv) Pengenalan Algoritma Genetik dan Logika Fuzzy. (v) Mata kuliah ini juga akan berisi berbagai studi kasus dan aplikasi, sehingga mahasiswa juga akan belajar bagaimana menerapkan algoritma machine learning untuk membangun sebuah sistem cerdas.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Matakuliah ini merupakan penerapan dari berbagai ilmu yang telah diajarkan pada semester sebelumnya dan diterapkan di dunia kerja nyata. Pada mata kuliah ini diharapkan agar mahasiswa dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dengan mengambil bagian dalam divisi IT yang dimiliki perusahaan. Hal-hal yang akan didapat dari kerja praktek ini meliputi : a. Pengembangan Aplikasi sesuai dengan kebutuhan nyata b. Pengalaman bersosialisasi dengan lingkungan kerja nyata, c. Penerapan ilmu dalam dunia kerja nyata Pada bagian akhir dosen akan memberikan saran dan kritik terhadap hasil kerja praktek yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Dosen juga akan meminta laporan kerja secara berkala kepada mahasiswa, sehingga proses kerja praktek mahasiswa akan tetap terpantau.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 2

Nilai Minimal Kelulusan: D

Berpraktikum: Tidak

Semester 7

Pada semester 7 dan 8 mahasiswa memilih matakuliah minimal 6 matakuliah yang terdapat pada daftar matakuliah pilihan. Matakuliah yang diambil harus sesuai dengan jurusan yang hendak diambil oleh mahasiswa

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Pada semester 7 dan 8 mahasiswa memilih matakuliah minimal 6 matakuliah yang terdapat pada daftar matakuliah pilihan. Matakuliah yang diambil harus sesuai dengan jurusan yang hendak diambil oleh mahasiswa

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Pada semester 7 dan 8 mahasiswa memilih matakuliah minimal 6 matakuliah yang terdapat pada daftar matakuliah pilihan. Matakuliah yang diambil harus sesuai dengan jurusan yang hendak diambil oleh mahasiswa

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Gambaran keseluruhan di fase Knowledge Discovery di Database (KDD) dan rincian algoritma untuk semua tugas Data Mining (DM). Sebagai pengantar diberikan kepada pemahaman terminologi dan disiplin terkait; input dan output KDD, yaitu data dan pengetahuan; dan software DM seperti WEKA. Tugas utama dari DM meliputi klasifikasi, Analisis Link, dan Clustering. Untuk setiap tugas akan diberikan penjelasan rinci tentang bagaimana algoritma yang dipilih terutama dari jenis pengetahuan yang dihasilkan dan pengaruh algoritma ini dalam penelitian diabetes. Untuk klasifikasi tertentu 0R, 1R, Prism yang menghasilkan aturan klasifikasi; dan ID3 dan C45 untuk induksi pohon keputusan, termasuk penanganan berbagai atribut dan penggunaan berbagai formula gain informasi (entropi, Gini, kesalahan kesalahan klasifikasi). Untuk menghubungkan analisis disajikan AIS, Apriori untuk aturan asosiasi pertambangan. Untuk clustering disajikan Minimum Spanning Tree Clustering (hirarkis) dan k-NN Clustering (datar). Mengingat sejumlah teknik untuk melakukan semua tugas-tugas dalam penyusunan data.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Semester 8

Pada semester 7 dan 8 mahasiswa memilih matakuliah minimal 6 matakuliah yang terdapat pada daftar matakuliah pilihan. Matakuliah yang diambil harus sesuai dengan jurusan yang hendak diambil oleh mahasiswa

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Pada semester 7 dan 8 mahasiswa memilih matakuliah minimal 6 matakuliah yang terdapat pada daftar matakuliah pilihan. Matakuliah yang diambil harus sesuai dengan jurusan yang hendak diambil oleh mahasiswa

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Pada semester 7 dan 8 mahasiswa memilih matakuliah minimal 6 matakuliah yang terdapat pada daftar matakuliah pilihan. Matakuliah yang diambil harus sesuai dengan jurusan yang hendak diambil oleh mahasiswa

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Melalui pengambilan Tugas Akhir, mahasiswa akan menyusun sebuah karya ilmiah sesuai dengan jurusan yang dipilih. Karya ilmiah disusun berdasarkan hasil penelitian terhadap sebuah masalah yang relevan dengan jurusan yang telah dipilih. Dalam menyusun tugas akhir, mahasiswa akan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing yang dipilih oleh mahasiswa. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa.

Kurikulum: 2017

Major: Umum

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata Kuliah Pilihan

AI for Games adalah mata kuliah untuk memperkenalkan penggunaan artificial intelligence dalam berbagai jenis game komputer. Topik yang akan diberikan meliputi pengenalan kecerdasan buatan secara umum, path finding, movement, tactics and planning, strategy, state machines, learning, dialogue, dan emotions. Mahasiswa wajib mencoba untuk mengimplementasikan ilmu yang ada dalam pengembangan game secara nyata. Genre berikutnya dari game seperti puzzle, strategy, RPG, dan berbagai genre lainnya akan diperkenalkan untuk memperluas implementasi pengembangan kecerdasan buatan. Berbagai elemen kecerdasan buatan akan dipresentasikan di kelas, diikuti dengan berbagai karakteristik kecerdasan buatan. Pada akhir kelas, mahasiswa wajib mempresentasikan project dengan memanfaatkan AI yang dipelajari di kelas.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Big Data Analytics and Application adalah mata kuliah yang membahas tentang trend Big Data dalam masa kini. Big Data adalah kumpulan dataset yang terkumpul dengan cepat dan dalam jumlah yang sangat besar, serta umumnya berisi berbagai macam tipe data di dalamnya. Merupakan hal yang sangat sulit untuk memproses dan menganalisa Big Data dengan menggunakan database management tools tradisional atau aplikasi pengolah data secara umum. Dengan mata kuliah ini memberikan gambaran serta aplikasi nyata bagaimana memproses data dalam jumlah besar dengan berbagai macam tipe di dalamnya untuk mengetahui pola tersembunyi, korelasi yang masih belum diketahui, dan berbagai informasi berguna lainnya. Mengubah sebuah Big Data menjadi sebuah informasi yang berharga dapat memberikan keuntungan yang sangat besar terutama dalam dunia bisnis. Mata kuliah ini akan membahas secara nyata tentang Big Data dan aplikasinya di dunia nyata.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Bio Informatics merupakan cabang dari Computer Science dimana tujuan utamanya adalah untuk mengenali data biologi tubuh manusia yang berupa image digital. Bioinformatika merupakan ilmu terapan yang lahir dari perkembangan teknologi informasi dibidang molekular. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, informatika, fisika, biologi, dan ilmu kedokteran untuk memecahkan masalah-masalah biologis. Bio informatics melakukan studi biologi tubuh manusia dengan menerapkan beberapa metodologi yang menggunakan pemrograman komputer untuk mengelola informasi biologis dari tubuh manusia. Materi yang dibahas meliputi: pengenalan Sidik Jari, identifikasi Fitur Wajah (area mata, hidung, mulut) dengan memanfaatkan algoritma HAAR Like Feature dan algoritma Active Shape Models, mengenali Ekspresi Wajah, identifikasi Retina Mata, dan identifikasi Telapak Tangan.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Computer Vision merupakan cabang dari Computer Science yang bertujuan untuk mengemulasikan human vision dengan komputer. Thresholding yang memisahkan antara background dengan foreground pada citra digital. Connected Component Labeling akan melabeli objek-objek dalam citra digital. Chain Coding, Edge Detection, Thinning, dan Morfologi yang membantu dalam pengenalan bentuk objek. Mengenali ciri-ciri yang ada pada setiap objek, hal ini berguna untuk melakukan klasifikasi objek. Principal Component Analysis digunakan untuk me-reduksi dimensi yang besar pada citra, salah satu penerapannya yaitu dalam pengenalan wajah. Hough Transform digunakan untuk mengenali bentuk garis dan lingkaran. Teknik-teknik yang digunakan untuk mengenali teks dalam citra digital yang diperoleh dengan melakukan scan pada kertas/dokumen.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Evolutionary Computation (EC) digunakan sebagai pengenalan dasar, serta survei dari banyak aspek algoritma evolusioner (EA), khususnya GA, GP, ES, dan akan berkonsentrasi pada konsep dasar representasi, operator dan kontrol secara keseluruhan, diikuti dengan contoh-contoh penggunaan konsep-konsep ini dalam aplikasi penting. Dengan demikian, tentu saja ini tidak akan menjadi pembelajaran secara mendalam dari salah satu algoritma. Kuliah ini dimaksudkan sebagai pengenalan yang baik bagi mereka yang tidak memiliki paparan EC dan sebagai batu loncatan bagi mereka yang tertarik di daerah yang lebih spesifik. Selain menggunakan buku tertentu sebagai buku teks, kita akan mencoba membaca banyak makalah penelitian sebagai kunci yang terkait dengan EC. Mahasiswa akan membuat presentasi kelas pada artikel mereka ditugaskan atau dipilih untuk menyajikan dan juga pada proyek-proyek jangka mereka sendiri.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Sejumlah task dan metode yang disediakan pada dua mashab Language Processing pada saat ini, yaitu Natural Language Processing (Rationalist) dan Computational Linguistic (Experimentalist), termasuk pemanfaatannya pada Web Mining dan Text Mining, serta basis metodenya dari Probabilitas dan Machine Learning. Diberikan penekanan khusus yang akan menjiwai sepanjang kegiatan perkuliahan, bahwa fokus language processing pada mata kuliah ini adalah untuk Bahasa Indonesia, walaupun implikasinya akan lebih sulit, karena terbatasnya resources. Secara umum alur perkuliahan mencakup tahapan analisis umum pada language processing, yaitu morphology, syntax, semantic, pragmatic, dan world knowledge. Muatan kuliah dilengkapi dengan sejumlah specific task yang terkait langsung pada tahapan ini, yaitu Colocation, Coreference, Paraphrasing, Alignment, Part of Speech Tagging dan Word Sense Disambiguity, dan kajian pada ketersediaan digital resources saat ini, seperti lexical databases (WordNet), corpus, dan dictionary. Untuk pendekatan experimentalist, beberapa metode learning seperti Hidden Markov Model dan Expectation Maximization juga akan disajikan memperhatikan peran mereka yang sangat signifikan. Dikaji pula terapan language processing seperti Machine Translation dan Question Answering System.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Natural User Interface adalah mata kuliah yang memperkenalkan theoretical dan practical understanding tentang teknik dan teknologi untuk user interface. Selain itu mata kuliah ini juga mengajarkan interaksi human-computer serta mempertimbangkan desain dan evaluasi user interface dari sudut pandang kognitif dan batasan computational dari human-computer interface. Teori yang diberikan meliputi pula dasar kognitif dan batasan fisik dari user dan aplikasi, termasuk pula kemampuan sensing dan teknologi display. Secara singkat mata kuliah ini akan mengeksplorasi berbagai macam teknologi dan teknik yang menggambarkan desktop termasuk pula embedded, modern, natural user interface dalam aplikasinya di mobile dan computing. Kuliah ini juga memperkenalkan sebuah aplikasi NUI yang mulai banyak diimplementasikan di industri nyata, yaitu Kinect.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini menilik problem-problem penting pada desain dan implementasi sistem operasi. Sistem operasi memiliki peran yang penting dalam menyediakan user interface antara program dan hardware yang tertata, fleksibel, dan efisien. Sistem operasi juga bertanggung jawab dalam pembagian sumber daya (misal: disk, jaringan, prosesor, dan lain-lain), menyediakan layanan umum yang digunakan oleh berbagai program (misal: layanan file, kemampuan menjalankan dan menghentikan proses, akses ke printer, dan lain-lain), sekaligus memproteksi tiap program agar tidak mengganggu satu sama lain. Kuliah ini dimulai dengan sejarah singkat sistem operasi dari sudut pandang evolusinya dalam 50 tahun terakhir, melingkupi komponen-komponen penting pada sistem-sistem operasi pada umumnya. Selain itu, dibahas pula timbal balik yang harus dikorbankan antara performance dan functionality dalam desain dan implementasi Sistem Operasi. Penekanan khusus akan diberikan pada 3 subsistem sistem operasi: manajemen proses (proses, thread, CPU scheduling, synchronization, dan deadlock), manajemen memory (segmentation, paging, dan swapping), dan manajemen file.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Teknik kompilasi adalah matakuliah wajib pada semester akhir. Matakuliah ini menjelaskan tentang konsep dasar sebuah compiler serta bagaimana cara kerja dari sebuah kompiler yang secara umum terdiri dari 7 fase. Mata kuliah ini juga menjelaskan bagaimana cara membuat sebuah Regular Expresion (Regex) yang digunakan untuk fase pertama kompiler yaitu fase lexical analysis. Penjelasan bagaimana membuat Context Free Diagram (CFG) untuk syntax analysis. Mahasiswa dari matakuliah ini akan belajar bagaimana parsing sebuah kode dengan 2 teknik yaitu Top Down Parsing dan Bottom Up Parsing yang nantinya akan direpresentasikan dengan Syntax Directed Translation. Bagian akhir yang dipelajari dari matakuliah ini adalah belajar cara melakukan semantic analysis dan Intermediate code Generator untuk Arithmetic Calculation, Menangani 3 konkstruksi fundamental IF, Else, Case, For, While, Repeat Until.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Web Mining taksonomi umum yang meliputi: Web-Penggunaan, Web-Content, dan Web-Struktur Pertambangan, termasuk korelasinya dengan Retrieval Informasi dan Komputasi Linguistik / Natural Language Processing. Sebagai dasar diberikan sejumlah teknik yang digunakan dalam Web Mining untuk memperoleh pengetahuan dari web dalam kategori klasifikasi, clustering, dan analisa link, serta sejumlah teknik dalam Data Mining dan Teks Mining digunakan. Biaya termasuk pemahaman dari sejumlah teknik untuk membangun mesin pencari sebagai Information Retrieval diterapkan modern, analisis hyperlink untuk tujuan peringkat relevansi halaman seperti PageRank dan HITS webgraph; pengindeksan; dan penanganan dari bahasa query, termasuk untuk pelaksanaan crawler dan pembungkus. Juga diperiksa isu yang terkait dengan pertambangan web seperti penyaringan kolaboratif dan pertambangan pendapat. Menyelesaikan kursus ini juga diberikan teknik untuk evaluasi aplikasi pertambangan web seperti perhitungan Recall / Presisi dan F-Measure dan penggunaan corpus / corpora. Kekhususan dari program ini adalah pada percobaan yang dilakukan lebih difokuskan pada pertambangan Web Indonesia.

Kurikulum: 2017

Major: Computer Science

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Memperkenalkan terminologi dasar dan memberikan tinjauan menyeluruh tentang topik sistem informasi akuntansi, bagaimana sistem informasi akuntansi dapat menambah nilai untuk organisasi dan dapat digunakan untuk membantu organisasi menerapkan strategi perusahaan. Mempelajari jenis-jenis informasi yang dibutuhkan perusahaan untuk mengoperasikan dan memperkenalkan proses bisnis dasar dalam menghasilkan informasi. Memperkenalkan pemrosesan transaksi dalam sistem yang terotomatisasi, menyajikan informasi dasar, pemrosesan, penyimpanan data, juga untuk memberikan laporan informasi yang didesain untu memungkinkan para manajer dan pihak eksternal untuk mengukur efisiensi dan efektivitas organsisasi. Menyampaikan pengendalian-pengendalian yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari pemrosesan informasi yang akurat dan menjamin bahwa informasi tersedia adalah informasi yang benar-benar berkualitas.

Kurikulum: 2017

Major: Software Engineering

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa perlunya sebuah design berorientasi objek. Tidak cukup hanya berorientasi objek tetapi juga merupakan design yang baik sehingga dapat digunakan secara stabil dan bagus. Mata kuliah ini akan memperkenalkan software pattern yang amat berguna dalam implementasi aplikasi. Serta mahasiswa akan diperkenalkan dan mempelajari mengenai 23 design pattern yang ada, Mahasiswa akan belajar satu demi satu pattern yang ada berupa diagram objek dan studi kasus untuk setiap pattern di dalam implementasi real. Mahasiswa dituntut untuk dapat memilih dan menerapkan design pattern mana yang cocok untuk sebuah sistem real. Mahasiswa setelah menyelesaikan ini akan menjadi sebuah designer OO yang lebih baik

Kurikulum: 2017

Major: Software Engineering

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang penerapan software engineering dalam pengembangan website. Penekanan dilakukan dalam topik pemodelan web, desain usability, dan penggunaan tool untuk pengembangan website. Pertama-tama, akan dibahas tentang metodologi pengembangan website, dilanjutkan dengan pemodelan website yang hendak dibangun. Lalu diikuti dengan analisis kebutuhan dan studi kelayakan website yang hendak dikembangkan. Arsitektur Website dan Desain website yang menjadi topik selanjutnya mencakup desain page, desain content, dan desain site, dengan menekankan prinsip usability. Penggunaan tool dalam pengembangan website juga akan dibahas dan didemonstrasikan, termasuk penggunaan Framework Pengembangan Aplikasi Web yang sangat berguna. Topik berikutnya adalah tentang ujicoba website, untuk meyakinkan bahwa website yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi. Topik terakhir yang dibahas adalah pemeliharaan dan administrasi website, termasuk insfrastruktur yang dibutuhkan.

Kurikulum: 2017

Major: Software Engineering

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini berisi pembahasan tentang konsep-konsep pengembangan aplikasi enterprise secara multitier. Pembahasan diawali pengenalan konsep multitier dan arsitektur Java enterprise. Pembahasan dilanjutkan dengan teknologi Servlet, Java Package, penanganan Request dan Response, Session, dan Cookies. Selanjutnya adalah pembahasan teknologi Java Server Pages yang terdiri dari Expression, Scriptlet, Declaration, Directive, Action, Expression Language serta pemanfaatannya untuk membuat layanan server yang interaktif. Pembahasan dilanjutkan dengan pemahaman teknologi Enterprise Java Bean dan pemanfaatannya untuk pembuatan business logic pada aplikasi server. Kemudian dijelaskan mengenai pengaksesan database dengan JDBC,pemanfaatan tag JSTL untuk pemrograman, JNDI, Authentication Authorization untuk keamanan, dan Filter. Pembahasan diakhiri dengan integrasi teknologi-teknologi enterprise dan pemanfaatan salah satu Java Framework untuk pembuatan suatu aplikasi multitier yang lengkap.

Kurikulum: 2017

Major: Software Engineering

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Kelas ini akan membahas isu-isu mengenai manajer dan peserta yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak untuk menjadi sukses di abad ke-21 ini. Manajemen Proyek Software adalah topik yang membahas seni dan ilmu. Penanganan proyek software terlihat mudah tapi penanganan sebenarnya jauh lebih sulit. Banyak proyek software yang gagal dari tahun ke tahun dan banyak lagi yang akan gagal. Penyebab kegagalan proyek software dapat disebabkan oleh banyak hal. Oleh sebab itu, kita akan membahas manajemen proyek software dalam hal membantu semua orang yang terlibat dalam proyek untuk memahami lebih baik bagaimana untuk berhasil menyelesaikan proyek software dan mengurangi kemungkinan kegagalan terjadi.

Kurikulum: 2017

Major: Software Engineering

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini membahas cara kerja dan cara penggunaan cloud computing untuk membuat aplikasi yang scalable (dapat menangani pengguna dalam jumlah besar). Untuk cara kerja cloud computing, topik yang dibahas meliputi jenis-jenis cloud computing, cara pembuatan pusat data (termasuk hardware, software, dan desainnya), komputasi paralel, dan sistem terdistribusi. Sedangkan untuk cara penggunaan cloud computing, akan dibahas teknik pemrograman pada Google App Engine (Platform as a Service) yang meliputi: pengembangan aplikasi cloud, penanganan web requests, pengembangan web service, penyimpanan data pada Google App Engine dengan datastore (Datastore Entities, Datastore Queries, Datastore Transactions), pengaksesan Web API serta konfigurasi virtual machine dengan Google Compute Engine.

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini akan menjelaskan kembali konsep client server, yang merupakan fondasi dari kuliah distributed database/ basis data terdistribusi. Konsep distributed database, faktor yang menyebabkan lahirnya distributed database, dan kelebihan/kekurangan dari distributed database akan diajarkan di mata kuliah ini. Mahasiswa akan mengembangkan sistem distributed database, mulai dari persiapan data, user, prosedural, dan jaringan. Permasalahan penting di sistem distributed database adalah replikasi, fragmentasi, dan database links. Mahasiswa akan nelajar cara menghubungkan 2 atau lebih sistem manajemen basis data yang berbeda dan melakukan sinkronisasi data. Mahasiswa juga akan belajar melakukan backup database dan otomatis back up database menggunakan fungsi scheduler dalam Oracle.

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Pemahaman terhadap fungsionalitas server dan aplikasi server yang biasa digunakan pada aktifitas sehari-hari. Memahami konsep kerja dari beberapa aplikasi server seperti Domain Name System, Web Server, dan Mail Server, serta pendalaman dari setiap aplikasi mulai dari cara implementasi yang paling praktis, hingga modifikasi yang mencakup sistem keamanan dan multithreading. Mengimplementasikan setiap aplikasi tersebut secara individual, dan kemudian mengintegrasikan seluruh aplikasi tersebut menjadi sebuah sistem server yang berkesinambungan. Terdapat materi terpisah yang juga akan dibahas yaitu, konsep AAA (Athentication, Authorization, and Auditing) yang dapat diaplikasikan pada sistem keamanan Extended Authentication Protocol (EAP) pada wireless access point, serta implementasi pada hotspot server.

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata Kuliah ini merupakan kelanjutan dari MK Jaringan Komputer dimana akan diberikan konsep dan implementasi tentang Internetworking yaitu Hubungan antar jaringan komputer dengan menggunakan Router. Akan dibahas tentang fungsi dan cara kerja beserta instalasi Router. Konsep Static Routing dan Dinamik Routing beserta protokolnya yaitu RIP dan OSPF akan dibahas. Implementasi Routing juga akan diberikan dalam bentuk praktikum dan simulasi Software. Pada bagian kedua akan dibahas tentang Wide Area Network (WAN) yang meliputi konsep WAN, Teknologi pada WAN publik seperti Internet dan WAN private seperti ADSL, Frame Relay, dan PPP. Konsep DHCP dan DNS juga dibahas singkat. Konsep penggunaan filtering packet data untuk keamanan jaringan menggunakan Access Control List (ACL). Terakhir akan dibahas tentang NAT untuk sistem konversi alamat IP Private ke alamat IP Publik.

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

iOS Software Development adalah salah satu cabang dari bagian E-Commerce pada studi tentang pemrograman komputer. Mata kuliah ini, akan menjelaskan bagaimana membangun aplikasi mobile yang berjalan pada iOS sebagai sistem operasi, sehingga pada tujuan pertemuan akhir dari mata kuliah ini adalah siswa dapat membuat beberapa aplikasi sederhana dan dapat berjalan pada ponselnya. Untuk mencapai tujuan itu setiap pertemuan akan menjelaskan bagaimana menggunakan banyak komponen sederhana seperti UI Label, UI TextView, dll dan juga beberapa komponen yang lebih rumit seperti Peta, PUSH Pemberitahuan, dll. Pada akhir pertemuan murid juga akan tahu bagaimana pengaturan di pusat anggota sehingga mereka dapat mengkompilasi proyek yang mereka buat ponsel masing-masing (iPhone)

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Pembahasan matakuliah ini akan mengajarkan mahasiswa mengenal konsep desain, animasi dan pemrograman pada flash untuk dapat diimplementasikan kedalam bentuk aplikasi multimedia seperti kreasi kompany profil interaktif dan mini game. Pada awal pembelajaran poin pokok pembahasan adalah bagaimana membuat kreasi company profile yang interaktif berbasis flash mulai dari tahap perancangan menu, desain form dan button dengan symbol, pengaturan FPS pada timeline untuk animasi dan pemrograman action script 3 untuk membuat interaksi user baik itu pada desain atau animasi agar dapat dinamis dan interaktif. Pada pembelajaran berikutnya, pokok pembahasan materi yang diajarkan bagaimana membuat sebuah mini game berbasis flash. Pada pembuatan mini game berbasis flash mahasiswa akan diajarkan konsep pemrograman berorientasi object (OOP) untuk memudahkan dalam perancangan game menggunakan action script 3. Kebutuhan data dan komponen pendukung untuk perancangan mini game berbasis flash akan diajarkan kepada mahasiswa seperti penerapan media cookies untuk menyimpan data dan array. Terdapat beberapa contoh pembuatan konsep game yang akan diajarkan kepada mahasiswa. Pada bagian akhir, mahasisiwa akan menerapkan konsep desain, animasi dan pemrograman untuk berkreasi membuat sebuah mini game berbasis flash.

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Tujuan utama mata kuliah ini adalah mengenalkan konsep teknik programming tingkat lanjut yang tidak hanya sekedar programming TCP dan UDP. Mahasiswa akan mempelajari topik-topik seperti multitasking, multithreading, proses, inter-process communication dan komunikasi jaringan. Komunikasi client-server untuk jangka panjang (seperti web traffic) juga akan dibahas pada mata kuliah ini. Fokus khusus juga akan diberikan pada beberapa protokol dan bahasa yang pada umumnya digunakan dalam komunikasi jaringan untuk menyajikan konten web seperti HTTP, HTTPS, HTML, XHTML, XML, WML, dan streaming konten multimedia. Mahasiswa tidak hanya mempelajari lapisan aplikasi saja, melainkan juga level programming. Seluruh kuliah akan diajarkan dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak

Mata kuliah ini membahas konsep dan teknik untuk mengamankan data dalam Jaringan Komputer dan Internet. Pada bagian awal dibahas tentang perbedaan konsep keamanan data pada satu komputer, pada jaringan komputer dan pada Internet. Akan dibahas tentang jenis jenis serangan yang mungkin, konsep layanan keamanan data dan mekanisme yang dipakai untuk mengantisipasi dan mengatasi serangan yang ada. Pembahasan tentang Cryptography seperti metode enkripsi sederhana, metode enkripsi jenis symmetric dengan contoh DES cipher, metode enkripsi jenis asymmetric dengan contoh RSA cipher, block cipher, stream cipher dengan contoh RC4, hash function dengan contoh MD-5, sistem pengaman data pada transaksi melalui Web dengan menggunakan SSL, Digital Signature, Digital Certificate, Digital Envelope, Certificate Authority, konsep dan implementasi dari firewall pada router. Pada bagian akhir dibahas pula tentang Steganography dan Digital Watermark. Mata kuliah ini dilengkapi dengan proyek yang berhubungan dengan implementasi metode Enkripsi.

Kurikulum: 2017

Major: Internet Technology

Jumlah SKS: 3

Nilai Minimal Kelulusan: C

Berpraktikum: Tidak