APLIKASI WEB MARKETPLACE UNTUK JASA ENDORSEMENT DAN VIDEO GREETING


Di era pandemi ini, kemajuan teknologi semakin pesat. Adanya media sosial dapat memudahkan dalam berjualan secara online dan menawarkan produk secara luas dan tidak terbatas, namun hal itu cukup sulit bila usaha/ bisnis belum punya nama atau terkenal, karena kebanyakan bisnis di media sosial memerlukan pengikut yang banyak dan konten yang menarik. Selama ini penggunaan jasa endorse dapat meningkatkan penjualan produk karena konten dari selebgram/artis tersebut beserta jumlah pengikut yang banyak, namun jasa endorse ini masih tersebar secara acak dan tidak ada marketplace yang menaungi jasa tersebut secara detail.

Dalam pengerjaan Tugas Akhir yang dibuat oleh Ansell Benedy akan berfokus pada pembuatan aplikasi berbasis website yang dapat mempermudah hubungan antara pemakai jasa endorse dan video greeting (klien) dengan talent, atau orang yang memiliki dampak yang besar di media sosial, Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat menjadi wadah yang jelas dan bagus untuk memakai dan menawarkan jasa endorse maupun video greeting.


Gambar di atas merupakan tampilan list semua talentFitur utama yang paling penting dari sisi pencari talent/influencer dalam Tugas akhir ini yaitu melakukan filter sesuai konten dan melakukan request job pada talent yang diinginkan untuk diajak kerjasama. Dalam fitur ini, client dapat melakukan kerjasama dalam bentuk endorsement atau video greeting dengan memasukkan detail projek yang diinginkan supaya talent bisa memahami yang akan dibuat nantinya.


Halaman detail talent adalah halaman yang digunakan client ketika ingin melihat detail dari talent yang ingin diajak kerjasama. Pada halaman ini terdapat banyak informasi dari talent, seperti nama, kategori, rating, review, serta ada foto profil.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam uji coba pengerjaan Tugas Akhir ini yaitu aplikasi ini memberikan fasilitas bagi talent yang membutuhkan wadah untuk mejual jasa di sosial media berdasarkan konten dari talent tersebut. Selain itu, dari sisi client dan talent yang melakukan uji coba merasa bahwa aplikasi Tugas Akhir ini membantu dalam melakukan transaksi jasa baik endorsement maupun video greeting.