PEMECAHAN MASALAH PERJALANAN PARIWISATA DI KOTA JAWA TIMUR


Seiring meningkatnya tuntutan dalam dunia membuat tingkat stress yang dialami oleh pengguna semakin besar. Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan pergi melakukan perjalanan wisata. Namun kurangnya informasi akan tempat liburan yang bagus menjadi penghambat dalam melakukan perjalanan pariwisata. Salah satu solusinya adalah dengan mengikuti agen pariwisata, namun sering kali harga yang ditawarkan tidak sesuai terlebih destinasi pilihan wisatanya tidak bisa dipilih sendiri. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah menghasilkan jadwal perencanaan perjalanan wisata yang sesuai dengan keinginan sendiri.

Tugas Akhir ini dibuat dengan menggunakan pendekatan algoritma Symbiotic Organism Search. Symbiotic Organisms Search merupakan suatu algoritma yang digunakan untuk mensimulasikan perilaku organisme secara interaktif dalam suatu lingkungan karena adanya ketergantungan pada spesies lain dalam kelangsungan hidup. Dengan adanya algoritma ini, diharapkan dapat memperoleh jadwal yang lebih baik dan bisa disesuaikan dengan keinginan sendiri.


Tugas Akhir ini diuji coba dengan melakukan kuisioner kepada 50 orang yang terbiasa pergi berpariwisata. Hasilnya, para pengguna sebagian besar merasa puas dengan program Tugas Akhir ini.