TURNING OPEN SOURCE PROJECT INTO PROFITABLE BUSINESS


Episode pertama dalam KSP Season 9 kali ini dibawakan oleh Benyamin Limanto, S. SI. yang sering dipanggil Pak Ben. Beliau adalah salah satu dosen termuda yang mengajar di ISTTS. KSP kali ini bertema “Turning Open Source Project into Profitable Business”. Webinar ini dibuka dengan pengenalan diri Pak Ben lalu ia memulai presentasinya mengenai open source. Open source adalah sebuah gerakan yang memperbolehkan distribusi dan pengembangan kode program secara terbuka dan dapat diperbaiki tanpa adanya restriksi.

          Berikutnya Pak Ben menjelaskan secara singkat tentang sejarah dari open source. Open source ini bukan gerakan baru melainkan sudah ada sejak lama terlebih di dunia akademik. Open source juga adalah backbone dari nowadays corporation. Kebanyakan open source menjadi standard atau tulang punggung dari perusahan-perusahaan atau software development sekarang. Toyota, Google Microsoft, GM, IBM sudah memakai open source untuk mengembangkan bisnisnya.


          Menurut Pak Ben, open source selalu didukung oleh komunitas sehingga selalu bisa berkembang. Projected market juga berkembang hampir 3x lipat. Masalah yang ada sekarang adalah bahwa sebagian besar perusahaan ingin mengembangkan solusi dengan cepat. Tetapi tidak semua engineer bisa mengisi gap tersebut sehingga solusinya adalah menggunakan pre build solution dan memberikannya dengan cepat sehingga penggunaan open source sangat berguna. Terdapat juga beberapa model bisnis open source yaitu open-core, proserv, hosting, dan marketplace.

          Kita juga bisa mengembangkan open source sendiri meskipun agak sulit. Ada pattern yang selalu sama dalam penggunaan open source untuk menghasilkan profit yaitu “service”. Kita bisa menggunakan open source project yang ada lalu memberikan layanan di atasnya. Cara untuk memulainya adalah plan, do, check, dan act. Kesimpulannya adalah bahwa kita bisa menggunakan open source project untuk membangun service yang ditawarkan kepada customer kita. Jika ingin ikut kontribusi dengan suatu project open source, di Indonesia membuka beberapa proyek OSS yang diantaranya berprofit.

          Kemudian pada akhir acara, diadakan sesi tanya jawab mengenai open source. Banyak pertanyaan yang diberikan oleh peserta dan dijawab dengan baik oleh Pak Ben. Acara lalu diakhiri dengan berfoto bersama dan mengisi absensi serta kuesioner yang diberikan oleh panitia.