SOFT SKILL YANG KRUSIAL DALAM DUNIA KERJA


Soft skill adalah kemampuan interpersonal atau ketrampilan interpersonal seseorang dalam melakukan kegiatan atau pekerjaannya. Kemampuan ini berhubungan dengan karakter dan kepribadian seseorang dalam menjalin hubungan atau Kerjasama dengan orang lain.

Berbeda dengan hard skill yang lebih bersifat teknis dan teoritis, soft skill menentukan kualitas seseorang.  Beberapa contoh kemampuan interpersonal, yaitu kemampuan berkomunikasi, rasa empati terhadap orang lain, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan memberikan tanggapan yang baik, dan lain-lain.

Namun dalam dunia kerja ada beberapa yang cukup krusial, antara lain:

1.       Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi ini mencakup kemampuan menyampaikan pendapat atau ide, menjadi pendengar yang baik, dan negosiasi. Kemampuan komunikasi dengan team, dengan pimpinan, dengan customer adalah suatu yang mutlak diperlukan untuk kelancaran kegiatan dalam perusahaan ataupun proyek. Komunikasi yang baik merupakan kunci untuk membangun relasi. Dan perlu diingat bahwa, mampu berkomunikasi itu bukan hanya pandai berbicara saja, tapi juga menjadi pendengar dan memahami dengan baik apa yang disampaikan oleh orang lain.


1.       Kolaborasi

Kolaborasi atau kerja sama atau team work juga sangat diperlukan untuk menghasilkan suatu ide, baik untuk memulai kegiatan ataupun menyelesaikan masalah. Banyak orang yang hanya bisa bekerja dengan baik jika dia mengerjakan pekerjaannya sendirian. Dalam suatu sistem atau organisasi, pasti ada aktifitas atau kegiatan yang harus diselesaikan secara team. Untuk itu kolaborasi sangatlah diperlukan. Kolaborasi merupakan kunci pemikiran kreatif untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

2.       Adaptasi

Seseorang yang mudah beradaptasi atau fleksibel adalah orang yang mudah menyesuaikan diri dalam lingkungannya, dan bisa menerima perubahan-perubahan yang ada. Orang yang fleksibel atau mudah beradaptasi akan lebih dapat bertahan menghadapi tantangan yang ada dalam lingkungannya.

3.       Manajemen waktu

Manajemen waktu sangatlah diperlukan untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Dengan kemampuan manajemen waktu, tentunya kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Yang penting dalam manajemen waktu adalah disiplin waktu, membuat perencanaan dengan baik, termasuk urutan pekerjaan yang diharus dilakukan dan fokus pada apa yang dikerjakan.


4.       Kepemimpinan (leadership)

Pekerjaan yang dikerjakan secara bersama (team work) memerlukan pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik akan membawa team nya untuk mencapai keberhasilan. Seorang pemimpin harus bisa bersikap proaktif, memiliki visi dan tanggung jawab,  memberi contoh dan memotivasi teamnya untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek yang ditanganinya.

Bagaimana cara meningkatkan Soft Skill??

1.       Kenali diri sendiri: kemampuan apa yang dimiliki?  point mana yang perlu ditingkatkan?

2.       Berpikir logis: berpikir sebelum bertindak, pertimbangkan dampak dari keputusan yang diambil.

3.       Terimalah kritik dan saran: jangan tersinggung atau bersikap apatis jika ada masukan yang bisa membantu untuk proses pengembangan diri.