HOW TO TURN WEBSITE INTO INSTALLABLE APPS



Knowledge Sharing Program (KSP) Season 11 Episode 3 diadakan pada hari Kamis, 4 November 2021 dengan mengundang Grace Levina Dewi, S.Kom., M.Kom. sebagai narasumber. Beliau merupakan dosen Teknik Informatika ISTTS. KSP yang berjudul “How to Turn Website Into Installable Apps” ini diadakan secara online melalui platform Zoom dan disiarkan juga secara live di Youtube Channel KSP ISTTS mulai pukul 10.30-12.30.

“Di era sekarang gimana sih agar website yang diakses di mobile bisa berlaku seperti di native app?” ujar pembicara saat membuka KSP. Jawabannya yaitu Progressive Web Apps (PWA). Teknologi terbaru ini dikembangkan oleh Google Developer dan akan menjadi pesaing aplikasi mobile seperti Android dan iOS. PWA sendiri dapat diartikan sebagai aplikasi web progresif yang tidak lebih dari jenis aplikasi yang tersedia melalui browser hanya menggunakan HTML, CSS, dan Javascript.


Beralih ke tahun 2015, menurut data penggunaan mobile web hanya sebesar 13% sedangkan pengguna apps sekitar 87%. Hal ini dikarenakan saat membuka website di mobile membutuhkan waktu loading yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan PWA untuk meningkatkan kemampuan dari aplikasi website dari segi kecepatan saat mengakses melalui web browser. Terdapat beberapa kelebihan PWA:

  • Respon seperti Mobile App

Tersedia cache di dalam App Shells sehingga bisa tampak seperti Mobile App. Selain itu, dengan App Shell dapat memiliki pilihan untuk meniru tampilan dan nuansa aplikasi mobile regular yang lengkap.

  • Layout responsive

User melakukan browsing website melalui browser yang support dengan service worker yang mengambil keuntungan dari PWA.

  • Tersedia dalam Mode Offline

Pada PWA mampu menampilkan konten website dalam kondisi offline dengan syarat aplikasi pernah dibuka minimal 1 kali.

  • Add to Home Screen (A2HS)

Sama seperti bookmark page pada web browser dan dapat ditampilkan di layar Home untuk melakukan akses yang cepat. Hanya saja dapat bekerja secara offline juga.

  • Push Notification

Berfungsi untuk mendapatkan pesan dan peringatan secara cepat dari situs web. Selain itu, juga berfungsi untuk memasarkan situs web dan memberikan akses cepat ke user.

KSP kemudian dilanjutkan dengan demo cara memasang PWA di Android. Proses memasang aplikasi sangat mudah dan cepat tidak sampai 1 menit. Pemasangan dimulai dengan mengunjungi halaman web aplikasi yang ingin kita instal. Setelah itu pilih tambahkan ke layar utama. Hal ini juga berlaku saat pemasangan PWA di Chrome Dekstop. Pemasangan dimulai dengan membuka situs yang ingin diinstal. Kemudian di bagian kanan atas kolom URL, klik install.

Webinar kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dengan narasumber. Pembicara menambahkan agar webinar kali ini dapat berguna dan dikembangkan bagi peserta yang mengikuti acara. Di penghujung webinar, pembicara berharap agar KSP kali ini dapat berguna dan dikembangkan bagi peserta yang mengikuti KSP. Sesi tanya jawab diikuti dengan sesi foto bersama dan pengisian Google Form.